Kamis, 30 Desember 2010

KOMPRES HANGAT DAN KOMPRES DINGIN


INDIKASI :

Ø Kompres Panas
1.      Sprain dan strain
2.      Sebagai tindakan pendahuluan (preliminary) sebelum dilakukan latihan  untuk kondisi stiff joint (kekakuan sendi)
3.      Low back pain yang disertai spasme otot
4.      Arthritis kronis

Ø Kompres Dingin
1.      Gangguan sensibilitas kulit
2.      Penyakit Buerger
3.      Gangguan peredaran darah arteri perifer
 

KONTRA INDIKASI

Ø Kompres Dingin
1.      Sprain dan strain serta pasca trauma akut
2.      Bursitis, Fibrositis, kapsulitis

Ø Kompres Hangat
1.      Gangguan sensibilitas
2.      Buerger diseases
3.      Gangguan peredaran darah arterial perifir


PEMBAHASAN

KOMPRES DINGIN (cold pack)

Cara ini menggunakan cold pack yang didinginkan dalam cold pack unit atau menggunakan peralatan yang lebih sederhana, berupa kain handuk yang sebelumnya direndam ke dalam air es dengan temperature 13 0C sampai 18 0C, setelah diperas baru digunakan.Bila kita memberikan rangsangan dingin, maka pada jaringan yang terkena rangsangan tadi akan mengalami penurunan temperature (cooling), hal ini akan diikuti dengan :
1.      Penurunan tingkat metabolisme
2.      Terjadi vasokonstriksi arteriole yang timbul akibat pengurangan terbentuknya metabolit (CO2 dan asam laktat ) dan pengaruh dingin terhadap pembuluh darah,
3.      Vasokonstriksi juga terjadi pada pembuluh darah kulit dan ini berlangsung secara reflektoris, oleh karena kulit sabagai komponen thermoregulator (pengatur panas) akan bereaksi terhadap adanya rangsangan dingin.
4.      Vasokonstriksi yang terjadi akan menurunkan kecenderungan terbentuknya cairan edema dan penurunan produksi cairan limfe, karena permeabilitas dinding pembuluh darah menurun.
5.      Dingin akan menginduksi pembuluh darah vena, sehingga terjadi vakonstriksi pembuluh darah vena dan ini akan menaikkan tekanan venosa.

KOMPRES HANGAT
Pengertian Kompres Hangat :
kompres-hangat
Kompres hangat adalah suatu prosedur menggunakan kain / handuk yang telah di celupkan pada air hangat, yang ditempelkan pada bagian tubuh tertentu.
Kompres Panas (Hot pack)
Bentuk kompres panas yang sederhana berupa kain handuk yang terlebih dahulu direndam dalam air panas dengan temperature ± 55 0C, kemudian diperas hingga kering kemudian baru digunakan. Kompres panas banyak dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri, selain itu dengan  kompres panas, bisa juga membantu mempercepat reaksi kimia dalam tubuh mengurangi kejenuhan air dalam tubuh dan konstriksi jaringan. Selain itu, kompres panas juga menimbulkan efek terapeutik seperti : rileksasi jaringan, pain blocking, perbaikan jaringan edar darah, sedative effect, perbaikan metabolisme tubuh dan lain-lain.
Manfaat :
Adapun manfaat kompres hangat adalah dapat memberikan rasa nyaman dan menurunkan suhu tubuh dalam menangani kasus klien yang mengalami pireksia.
Alat dan bahan :
· Larutan kompres berupa air hangat 40 °C dalam wadahnya ( dalam kom )
· Handuk / kain / wash lap untuk kompres
· Handuk pengering
· Termometer
Prosedur :
· Beri tahu klien, dan siapkan alat, klien, dan lingkungan.
· Ukur suhu tubuh
· Basahi kain pengompres dengan air, peras kain sehingga tidak terlalu basah.
· Letakkan kain pada daerah yang akan dikompres ( dahi, ketiak, perut, leher belakang ).
· Tutup kain kompres dengan handuk kering
· Apabila kain telah kering atau suhu kain relative menjadi dingin, masukkan kembali kain kompres ke dalam cairan kompres dan letakkan kembali di daerah kompres, lakukan berulang-ulang hingga efek yang diinginkan dicapai
· Evaluasi hasil dengan mengukur suhu tubuh klien setelah 20 menit
· Setelah selesai, keringkan daerah kompres atau bagian tubuh yang basah dan rapikan alat
Mekanisme Tubuh Terhadap Kompres Hangat dalam Upaya Menurunkan Suhu Tubuh.
Pemberian kompres hangat pada daerah tubuh akan memberikan sinyal ke hipothalamus melalui sumsum tulang belakang. Ketika reseptor yang peka terhadap panas dihipotalamus dirangsang, sistem effektor mengeluarkan sinyal yang memulai berkeringat dan vasodilatasi perifer. Perubahan ukuran pembuluh darah diatur oleh pusat vasomotor pada medulla oblongata dari tangkai otak, dibawah pengaruh hipotalamik bagian anterior sehingga terjadi vasodilatasi. Terjadinya vasodilatasi ini menyebabkan pembuangan/kehilangan energi/panas melalui kulit meningkat ( berkeringat ), diharapkan akan terjadi penurunan suhu tubuh sehingga mencapai keadaan normal kembali.
kompres-hangat

4 komentar: